Hasil Pertandingan Euro 2024 Spanyol vs Italia: Skor 1-0

kamunanya.net – Tim Spanyol menunjukkan kegigihannya dengan mengalahkan tim Italia 1-0. Duel kedua tim pada hari kedua Grup B Euro 2024, Jumat 21 Juni 2024 dini hari WIB.

Laga besar pertama babak penyisihan grup Piala Eropa 2024 kali ini dimainkan di AufSchalke Arena. Kedua tim sedang mencari tiga poin keduanya. Pasalnya, tim yang memenangkan pertandingan ini pasti lolos ke babak 16 besar.

Italia mungkin memenangkan leg pertama, tapi kali ini mereka harus mengakui kualitas Spanyol. Tim asuhan Luis de la Fuente menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Riccardo Calafiori (55).

Kemenangan ini menempatkan Spanyol di puncak klasemen Grup B dengan 6 poin dalam dua pertandingan. Italia berada di posisi kedua dengan 3 poin dari dua pertandingan. Dengan demikian, Spanyol akan mendapat jaminan lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

Babak Pertama

Pertandingan segera dimulai dengan tempo tinggi. Pada menit ke-3, sundulan Pedri membuat Donnarumma khawatir. Pada menit ke-7, intensitas pertandingan nyaris membuat Manuel Pellegrini cedera.

Ritme permainan mulai terbentuk setelah 15 menit pertandingan. Spanyol tampil sangat dominan dalam penguasaan bola dan menciptakan peluang mencetak gol. Italia memilih bermain bertahan.

Serangan Spanyol datang dari segala sisi. Nico Williams punya peluang, tapi sundulannya gagal. Hingga menit ke-30 pertandingan, Itaila beruntung memiliki Donnarumma.

Spanyol jelas kecewa karena serangannya belum membuahkan hasil. Di sisi lain, Italia juga harus bereaksi jika ingin menang. 0-0 mengirim pemain ke ruang ganti.

Babak Kedua

Laga dilanjutkan, Spalletti membalasnya dengan dua pergantian pemain di tim Italia. Setelah 3 menit bermain, Spanyol khawatir dengan kemungkinan cederanya Rodri yang bertahan lama di lapangan.

Pada menit ke-55 gol Spanyol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Umpan silang Nico dari kiri. Morata perlahan mengarahkan bola ke tiang jauh. Bek Italia Calafiori ingin menghentikan bola di tengah lapangan, namun ia mendorongnya ke arah gawangnya sendiri. Cakupan! Spanyol – Italia 1-0.

Gol Spanyol memaksa Spalletti kembali melakukan pergantian pemain. Hingga menit ke-70, Italia melakukan beberapa perubahan. Spanyol pun membalasnya dengan pergantian pemain.

Italia belum menemukan jawabannya. Usahanya tidak membuahkan hasil. Hingga menit ke-90, Italia baru melepaskan satu tembakan ke gawang.

9 menit berikutnya tidak mengubah apa pun. Hasil akhir 1-0 untuk Spanyol yang menang.

Statistik pertandingan Spanyol vs Italia

Image

Tembakan: 20 – 4
Tembakan tepat sasaran: 9 – 1
Penguasaan bola: 58% – 42%
Operan: 573 – 427
Akurasi operan: 90% – 83%
Pelanggaran: 17 – 14
Kartu kuning: 2 – 2
Kartu merah: 0 – 0
Offside: 0 – 0
Tendangan sudut: 5 – 1

Susunan PemainĀ Spanyol vs Italia

SPANYOL (4-3-3): Simon; Cucurella, Laporte, Le Normand, Carvajal; Fabian (90+4′ Merino), Rodri, Pedri (71′ Baena); Nico Williams (78′ Ayoze), Yamal (71′ Ferran), Morata (78′ Oyarzabal)

Pelatih: Luis de la Fuente

ITALIA (4-3-3): Donnarumma; Dimarco, Calafiori, Bastoni, Di Lorenzo; Barella, Jorginho (46′ Cristante), Frattesi (46′ Cambiaso); Pellegrini (82′ Raspadori), Chiesa (64′ Zaccagni), Scamacca (64′ Retegui)

Pelatih: Luciano Spalletti