kamunanya.net – Inter Milan sukses mengalahkan AC Milan di leg pertama semifinal Liga Champions 2022/2023. Inter mengalahkan Milan 2-0 di San Siro, Kamis (11/5/2023) WIB.

Inter mencetak dua gol di awal pertandingan. Edin Dzeko (8′) membuka skor lebih dulu, disusul Henrikh Mkhitaryan (11′).

Milan yang tampil inferior di babak pertama berhasil tampil superior di babak kedua. Namun, tidak ada gol yang tercipta menjelang akhir pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Inter sudah menempatkan satu kakinya di partai final. Sedangkan AC Milan masih harus mengejar agregat di tempat yang sama pekan depan.

Babak Pertama

Inter Milan berhasil membuka skor di menit ke-8. Berawal dari sepak pojok, Edin Dzeko dengan mudah menyambutnya dengan sepakan tanpa pengawalan.

Hanya berselang tiga menit, Inter menggandakan keunggulan. Kali ini, Henrikh Mkhitaryan membobol gawang Milan dari situasi bermain terbuka.

Dua gol tersebut memberi Inter kebebasan lebih untuk mengontrol permainan. Serangan juga lebih mudah dibangun oleh Nerazzurri.

Juga di menit ke-31, Inter berisiko mengisi pundi-pundi ketika wasit utama memberikan hadiah penalti. Namun setelah melihat gambar VAR, penalti tidak diberikan.

Milan baru benar-benar berhasil menemukan ritme permainan menjelang akhir babak pertama. Setelah 40′ serangan Milan semakin intensif. Namun, tidak banyak yang bisa dilakukan penyerang untuk mempersingkat penundaan.

Babak Kedua

Milan menguat di babak kedua. Serangan-serangan yang dibangun berhasil merusak dan menembus pertahanan .

Sayang, tidak satupun peluang Brahim Díaz (50′), Junior Messias (52′) dan Sandro Tonali (64′) berbuah gol.

Inter tidak memiliki peluang berbahaya di babak kedua. Mereka memilih untuk bertahan dan tidak terlalu malas untuk menekan Milan di area yang lebih tinggi. Ada serangan balik di menit ke-75, namun tembakan Matteo Darmian terlalu terbaca dan diblok oleh fans Milan.

Sedangkan serangan Milan menurun sejak awal menit 75. Sedikit lebih mudah bagi Inter yang bertahan sejak awal babak kedua, karena Milan tidak memiliki peluang untuk menyerang dengan cara yang lebih berbahaya.

Susunan Pemain

Milan (4-2-3-1): Mike Maignan; Davide Calabria (Pierre Kalulu 82′), Fikayo Tomori, Simon Kjaer (Malick Thiaw 59′), Théo Hernandez; Sandro Tonali, Rade Krunic; Alexis Saelemaekers (Divock Origi 59′), Ismael Bennacer (Junior Messias 18′), Brahim Diaz (Tomasso Pobega 82′); Oliver Giroud.
Pelatih: Stefano Pioli

Inter (3-5-2): Andre Onana; Matteo Darmian, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries, Nicolo Barella, Hakan Calhanoglu (Roberto Gagliardini 78′), Henrikh Mkhitaryan (Marcelo Brozovic 63′), Federico Dimarco (Stefan de Vrij 70′); Lautaro Martínez (Joaquín Correa 78′), Edin Dzeko (Romelu Lukaku 70′).
Pelatih: Simone Inzaghi