kamunanya.net – Man City meraih kemenangan telak atas Everton dengan skor 0-3 pada matchday 36 Liga Inggris 2022/2023 di Goodison Park, Minggu (14/5/2023) malam WIB. Laga awalnya cukup sulit karena Everton melakukan perlawanan sengit. Namun, mereka akhirnya gagal menghentikan serangan Manchester City.

Ilkay Gundogan menunjukkan kemampuan nya mencetak kembali dua gol. Sementara itu, Erling Haaland menambahkan satu gol.

Dengan kemenangan tersebut, Man City kini mengoleksi 85 poin dari 35 penampilan dan kokoh memuncaki klasemen Liga Inggris 2022/2023. Sementara itu, Everton tertahan di posisi ke-17 dengan raihan 32 poin dari 36 pertandingan.

Babak Pertama

Manchester City tampak agresif sejak awal kick-off. Mereka mengejar bola kemanapun ia menggelinding. Di sisi lain, Everton juga berusaha mencari lubang di pertahanan tuan rumah.

Duel ini menyajikan pertandingan seru dan sulit. Namun, kedua tim masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya hingga menit ke-10.

City kemudian mendominasi penguasaan bola. Tapi itu masih tidak menghasilkan bidikan jelas hingga 25 menit laga berlangsung. Baru tiga menit kemudian The Citizen memiliki peluang. Gundogan mengoper bola ke Mahrez, yang melepaskan tembakan dari jarak jauh. Tapi bola jauh dari gawang.

Pada menit ke-34, Everton mendapat peluang dari tembakan Holgate. Namun peluang itu masih bisa dihadang oleh Walker. Semenit berselang, giliran Manchester City yang mengancam Rodri dengan tembakan. Tapi Pickford masih bisa memblok bola.

Dua menit berselang, gol akhirnya tercipta. Gundogan membawa City unggul 0-1 atas Everton. Dia menerima umpan Mahrez dengan membelakangi gawang. Tanpa menoleh ke belakang, dia menendang bola melewati Pickford.

Pada menit ke-39, City kembali mencetak gol. City menyerang dari sayap kiri melalui Gundogan. Dia kemudian mengirim umpan silang ke area penalti. Ada Erling Haaland yang menggerakkan bola. dan golll 0-2!

Gol ini merupakan gol terakhir di babak pertama. Everton 0-2 Manchester City.

Babak kedua

di babak kedua Everton mencoba mengubah strategi. Mereka menyingkirkan Neal Maupay dan menggantikannya dengan Dominic Calvert-Lewin.

Namun, perubahan taktik tidak berarti banyak. karena pada menit ke-51 Manchester City kembali mencetak gol lagi. Kali ini, Gundogan kembali menorehkan namanya di papan skor. Dia menemukan celah Pickford dengan tendangan bebas yang terampil. 0-3!

Everton kemudian melakukan pergantian pemain dan strategi. Tapi itu tidak banyak membantu.

City pun nyaris mencetak gol lagi di menit 60. Di babak pertama, Foden memfasilitasi umpan dari sayap kiri ke Haaland di tiang jauh. Dia melakukan tendangan gunting. Sayang, bola melebar.

Pada menit ke-66, Everton akhirnya memiliki peluang emas. Dari sepak pojok, Tarkowski berhasil mengirim bola ke tengah kotak penalti. Namun bola membentur mistar gawang.

City kemudian terus mendominasi permainan. Tapi Everton masih mau berjuang. Namun, hingga akhir laga mereka gagal mencetak gol. Situasi 0-3 bertahan hingga peluit akhir pada menit 90+4.

Susunan Pemain Kedua Tim

Everton (4-2-3-1) : Jordan Pickford; Nathan Patterson, Yerry Mina, James Tarkowski, Mason Holgate; James Garner, Idrissa Gueye; Alex Iwobi, Abdoulaye Doucouré, Dwight McNeil; Dominic Calvert-Lewin

Pelatih: Sean Dyche

Manchester City (4-2-3-1) : Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Aymeric Laporte; Rodrigo, Ilkay Dundogan; Riyad Mahrez, Julian Alvarez, Phil Foden; Erling Haaland

Pelatih: Josep Guardiola